Selasa, 19 Januari 2016

Surat Berisi Kritik dan Saran Sudah Dikirim ke KPI Hari Ini

Semarang, 19 Januari 2016
Kepada Yth: Ketua Komisi Penyiaran Indonesia
                                                                                                Di tempat

Salam sejahtera,
Sesuai dengan pengumuman yang saya baca di facebook bahwa KPI membuka kesempatan bagi
masyarakat untuk ikut melakukan evaluasi dengan mengirimkan saran atau kritik mengenai isi siaran stasiun TV (RCTI, TPI, SCTV, Antv, Indosiar, TV One, Metro TV, TransTV, dan Trans7), saya ingin ikut turut serta memberikan kritik dan saran. Sebelumnya, perkenalkan, saya Zahratul Wahdati, mahasiswa Universitas PGRI Semarang Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Saya ingin ikut serta memberikan kritik dan saran agar tayangan TV di Indonesia menjadi lebih baik dan bermutu bagi penonton, dan sedikit curhat saya.
Selama ini, saya sangat gantal dan geram setiap menonton tayangan TV Indonesia. Maaf, saya malah menjadi sering menyalahkan Komisi Penyiaran Indonesia yang seakan hanya diam melihat tontonan-totonan yang sungguh tidak bermutu bahkan merusak mental dan moral bangsa Indonesia. Yang menurut saya paling parah adalah Sinetron Indonesia, yang kebanyakan tayang di RCTI dan SCTV. Dua stasiun ini, sungguh tidak mempedulikan tayangan sinetron yang mereka tayangan berdampak buruk kepada penonton atau tidak. Mereka hanya mempedulikan pundi-pundi uang yang mereka terima.
RCTI membiarkan penonton yang kebanyakan remaja menonton tayangan sinetron Anak Jalanan. Padahal, dari sisi apa pun sinetron tersebut tidak memiliki pesan moral sama sekali. Dari mulai pengunaan seragam yang super sexy dan balapan liar. Tentu hal itu tidak baik bagi moral penonton. Seperti yang kita ketahui, kebayakan remaja dan anak-anak sering meniru apa yang ditonton dan idolanya. Di sinetron itu juga tokoh utama Boy menggunakan tindik di telinga. Padahal, dia masih SMA dan dalam peraturan di sekolah tidak diperbolehkan mengunakan tindik. Ditambah lagi, sinertron tersebut lebih mengutama percintaan dan genk motor, tidak ada nilai pendidikan sama sekali. Lalu, akan jadi apa generasi penerus bangsa Indonesia kalau menonton sintron semacam itu? Pasti bobrok.
Bukan hanya sintron tersebut. Tetapi kebanyakan sinteron yang ditayangkan di RCTI dan SCTV memang lebih mengedepankan kisah percintaan yaitu rebutan pacar, berantem gara-gara pacar,  saling mengerjai atau membuli, dan hal-hal lainnya.
Saya berharap sekali KPI tegas menindak tayangan-tayangan sinetron. Sekali lagi, saya berharap KPI lebih tegas menindak tayangan-tayangan sinetron remaja yang tidak sesuai dengan kebudayaan Indonesia. Saya berharap KPI dapat membuat sinerton indonesia lebih bermutu, lebih berisi, dan membangun moral baik pada bangsa Indonesia. Sehingga, saya yang juga generasi penerus bangsa Indonesia bukan malah membenci sinerton Indonesia, dan lebih mencintai tayangan TV luar negeri yang lebih bermutu. Saya berharap, dengan ketegasan KPI menindak sinetron-sinetron yang tidak baik tersebut dan mengubahnya menjadi sinetron yang bermutu, saya akan berubah mencintai sinetron Indonesia.
Demikian kritik dan saran saya mengenai evaluasi stasiun TV yang akan habis masa izinnya pada 2016. Jika dalam pernyataan ini, ada ucapan saya yang salah dan tidak berkenan, saya mohon maaf. Semoga tayangan stasiun TV 2016 lebih bermutu. Terima kasih atas perhatiannya.

Dengan hormat,

Zahratul Wahdati

6 komentar:

  1. untuk sinetron orang ketiga iklanya terlalu lama jadi tidak dapat menyimak cerita sinetronya terima kasih.

    BalasHapus
  2. Saya sangat kecewa sekali pada penyiaran televisi sctv kenapa pertandingan sepak bola timnas u 23 asian game kok diacak padahal yang main timnas indonesia gimana mau mendukung timnas untuk menjadi juara tapi siarannya diacak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sangat kecewa sekali pada penyiaran televisi sctv kenapa pertandingan sepak bola timnas u 23 asian game kok diacak padahal yang main timnas indonesia gimana mau mendukung timnas untuk menjadi juara tapi siarannya diacak

      Hapus
    2. Saya sangat kecewa sekali pada penyiaran televisi sctv kenapa pertandingan sepak bola timnas u 23 asian game kok diacak padahal yang main timnas indonesia gimana mau mendukung timnas untuk menjadi juara tapi siarannya diacak

      Hapus
  3. saya sangat kecewa sekali pada penyiaran telvisi rcti yang mengacak pada antena parabola mengacak pertandingan timnas indonesia senior kenapa mengecewakan masyarakat indonesia padahal timnas indonesia kebanggaan kita semua tapi kenapa diacak siarannya saya doakan semoga timnas indonesia senior kalah dan tidak menjadi juara amin ya robal alamin

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah2han dibaca dan mengerti hati masyarakat indonesia kekecewaannya

      Hapus

Copyright © 2015 ZAHRATUL WAHDATI
| Distributed By Gooyaabi Templates