Senin, 18 Januari 2021

Mengenal Diri Sendiri: Awali dengan Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

 

Setuju tidak, jika mayoritas orang lebih banyak menggunakan waktunya untuk mencari kekurangan dan kelebihan orang lain?

Apa kamu termasuk? Jujur, awalnya aku iya. Mungkin sekarang juga masih walaupun sedikit berkurang.

Tanpa disadari kebiasaan itu sedikit demi sedikit akan mengurangi rasa percaya dirimu. Karena kamu akan membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain. Padahal, kamu adalah kamu, dia adalah dia. Kalian dua tubuh yang berbeda.

Jadi, berhentilah melakukan itu. Lebih baik gunakan waktu tersebut untuk mengenali diri sendiri. Aku baru membaca sebuah artikel di Buletin Katulistiwa, dan mendapatkan sebuah tamparan dari kutipan berikut:

“Mencintai diri sendiri jauh lebih sukar daripada ingin mengetahui pribadi orang lain, sebab itu kenalilah dirimu sebelum mengenali pribadi orang lain.” (Buya Hamka)

Aku pernah ada pada masa suka membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Dan itu masih walaupun sedikit berkurang. Tanpa sadar itu membuat aku membenci diri sendiri. Misalnya seperti ini, ketika aku melihat orang-orang yang pintar bergaul, mudah berbicara dengan orang lain, disukai banyak orang, intinya ciri-ciri orang ektrovert, lah. Aku bakalan berkata, keren ya jadi mereka. Aku tidak bisa seperti itu.

Setelah proses membanding-bandingkan diri dengan orang lain itu berlajut terus menurus, aku sampai menyimpulkan. Dengan diriku yang seperti ini, aku pasti tidak banyak disukai orang, aku tidak punya siapapun, aku tidak punya teman.

Beruntung, seorang teman tiba-tiba menelepon tepat di saat aku menangis dengan pemikiranku itu.

Setelah aku menceritakan pemikiranku itu, kamu tahu apa reaksinya?

Dia tertawa keras sambil berkata, Za, Za, kamu kok kebanyakan mikirin orang lain sampai akhirnya merusak dirimu. Setelah tertawa dan menyindirku yang membuatku agak marah, dia lalu membeberkan kelebihan-kelebihanku yang selama ini tidak aku sadari. Tidak aku syukuri.

Itu membuatku tersenyum. Jika kamu kesulitan mengenali dirimu sendiri, cobalah untuk mengawali dengan bertanya kepada temanmu tentang kelebihanmu. Setelah itu, bersyukurlah memiliki kelebihan itu. Kemudian hentikan membandingkan dirimu dengan orang lain.

Mungkin iri kepada orang lain, mungkin sebaliknya orang itu juga iri kepadamu.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 ZAHRATUL WAHDATI
| Distributed By Gooyaabi Templates