Kamis, 12 Desember 2013

Hakekat Bahasa


Bab II HAKIKAT BAHASA.
1.      Bahasa adalah bunyi atau pola ucapan yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat yang digunakan untuk berkomunikasi antar umat manusia untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifiksikan diri.
2.      Jelaskan yang dimaksud dengan
a.       Bahasa sebagai sistematik
Artinya bahasa itu memiliki atau diatur oleh sistem,  aturan atau pola dalam dua hal, yaitu sistem bunyi dan sistem makna. Jadi, dalam menggunakan bahasa harus sesuai dengan atauran atau pola, sehingga dapat memiliki arti atau makna.

b.      Bahasa itu manasuka
Artinya kita tidak boleh memilih bahasa atau kata yang disetujui oleh masyarakat karena arti dari manasuka itu seenaknya sendiri, atau sudah menjadi kebiasaan conventional di dalam masyarakat
c.       Bahasa itu ucapan
Artinya hal terpenting, dalam pengucapan bahasa adalah bunyi-bunyi. Kita bisa berbicara tanpa menulis, namun kita tidak bisa menulis tanpa berbicara (pada diri sendiri dalam hati). Bahasa disebut alat pelestar ujaran, maka bahasa disebut alat pelestari kebudayaan manusia.
d.      Bahasa itu simbol/lambang
Bahasa itu sejenis tanda yang  terbuat dari bunyi seperti ujaran manusia, kadar simbol yang tinggi membuat bahasa manusia menjadi alat yang berguna bagi kehidupan penuturnya. Bahasa manusia adalah simbol dari perasaan keinginan, harapan dan sebagainya.
e.       Bahasa itu mengacu pada dirinya
Bahasa itu mengacu pada bahasa itu sendiri dan bahasa mampu dipakai untuk menganalisis bahasa itu sendiri.
f.       Bahasa itu komunikasi
Bahasa menciptakan alat komunikasi dan interaksi yang berfungsi sebagai alat perekat dalam menyatu padukan keluarga, masyarakat, dan bangsa dalam kegiatan sosialisasi.
g.      Bahasa itu bersifat produktif
Bahasa bersifat produktif maksudnya modal jumlah fonemterbatas dapat diciptakan kata-kata yang banyak, misalnya bahasa Indonesia memiliki 26 fonem.
h.      Bahasa itu unik
Artinya setiap bahasa memiliki ciri khas tersendiri, jadi setiap bahasa memiliki ciri khas sendiri dengan bahasa yang lain itu berbeda.
i.        Bahasa itu universal
Artinya setiap bangsa mempunyai bahasa masing-masing, maka dari itu setiap makhluk atau manusia atau masyarakat  semuanya memiliki bahasa.
j.        Bahasa itu benda
 Bahasa itu kongkrit atau tidak abtrak karena merupakan fakta sosial yang diwariskan dari penutur lain yang mengajarkannya, dan bukan ciptaan individu.
k.       Bahasa itu benda atau objek yang dapat diteliti secara ilmiah
Bahasa itu bunyi yang keluar dari mulut sehingga bisa di kaji secara ilmiah.
l.        Bahasa merupakan daftar kata-kata
Kata-kata yang menjadikan sebuah bahasa. Kata menyatakan sebuah konsep yg keluar dari bunyi bukan berupa benda yg dikeluarkan. Merupakan wujud psikis karena berasa dari jiwa, bukan dari buatan tangan seperti patung misalnya. Ini karena keluar dari bunyi.
            m.    Bahasa bersifat tak beraturan
1. karena tanda bersifat arbitrer, tanda apapun tak ada yang lebih daripada yang lain sehingga tak ada pilihan akan perbincangan di antara pemakai bahasa.
2. meskipun kemungkinan orang mengubah sistem tulisan yang arbutrer karena unsur-unsurnya terbatas jumlahnya.
                        3. bahasa merupakan sistem yang sangat rumit.
                        4. bahasa adalah satu-satunya sistem sosial yang dipergunakan semua orang.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 ZAHRATUL WAHDATI
| Distributed By Gooyaabi Templates