Jumat, 20 Juni 2014

MAKALAH SURAT PENGUNDURAN DIRI DAN PERYATAAN

Hello ini tugas yang susah dibuat, so jangan lupa cantumin alamatn link ini yah ...

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Surat peryataan dan surat pengunduran diri merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari aktivitas manusia dalam era moderen ini. Berbicara dengan tulisan tentu berbeda dengan berbicara dalam lisan. Di sini tata tertib atau aturan dan sopan santun masih harus dijaga. Karena surat adalah ‘duta’ si pengirim. Oleh karena itu,  pembuat surat  harus  berhati-hati dalam menulis surat agar tidak menimbulkan kesan buruk atas dirinya dan tidak menyinggung perasaan si penerima.
Pengetahuan tentang surat pernyataan dan surat pengunduran diri adalah hal yang penting untuk diketahui. Karena surat merupakan alat komunikasi yang umum dipakai, semestinya penulis surat harus mengetahui: cara penulisan, lambang dan tanda-tanda yang dipakai yang haruslah bersifat dan sependapat dengan umum sehingga mudah dimenggerti si penerima surat.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apakah yang dimaksud dengan surat pernyataan dan bagaimana cara membuatnya?
2.      Apakah yang dimaksud dengan surat pengunduran diri dan bagaimana cara membuatnya?
C.     Tujuan Penulisan
Dalam penulisan makalah ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembuatan surat pengunduran diri dan surat pernyataan yang tidak terikat instansi lain.
D.    Manfaat Penulisan
Manfaat dari penulisan makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan mahasiswa tentang cara pembuatan surat pengunduran diri dan surat pernyataan.







BAB II
PEMBAHASAN
A.    Surat Peryataan
1.      Pengertian Surat Peryataan
Surat pernyataan adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang berisi pernyataan dirinya atau menerangkan orang lain bahwa orang tersebut pernah atau tidak pernah melakukan sesuatu. Ada juga pengertian lain, yaitu surat pernyataan adalah
Pernyataan tertulis yang mengemukakan kesediaan / kesanggupan seseorang atau kelompok untuk menanggung segala risiko yang berkaitan dengannnya. Surat pernyataan yang menyangkut aspek hukum harus di tulis di atas kertas segel atau kertas biasa yang di bubuhi materai. Dengan hal itu juga terkandung pengertian bahwa surat pernyataan yang menyangkut aspek hukum hanya di buat oleh seseorang yang telah dewasa.
Dalam kehidupan sehari-hari surat pernyataan sering dibuat oleh seseorang untuk melengkapi surat lamaran pekerjaan atau untuk keperluannya setelah dia pendidikan atau bekerja dalam suatu instansi tertentu.
Dalam urusan dinas, seseorang pimpinan sering juga membuat surat pernyataan yang isinya menerangkan tentang anak buah atau bawahannya. Surat pernyataan dinas mempunyai bentuk, fungsi, dan penyusunan yang relative sama dengan surat keterangan.
Tidak jarang juga sebuah lembaga yang hendak menyeleksi pegawai baru meminta untuk membuat surat pernyataan. Dalam hal seperti ini sebaiknya lembaga tersebut mempersiapkan blangko surat untuk diisi oleh para peserta sebagai suatu persyaratan. Pembuatan surat pernyataan dalam bentuk blangko memudahkan penelitian isi surat yang masuk karena semua bentuknya sudah lama.
Surat pernyataan dibuat ketika seseorang, kelompok, atau lembaga membutuhkan pengakuan kondisinya yang terjadi pada saat dibuatnya surat. Umumnya surat pernyataan ini hanya menyatakan ya/ tidak (sanggup/ tidak sanggup)
Siapa saja dapat membuat surat pernyataan, baik secara individu maupun kelompok. Untuk pernyataan individu (anak, orang tua, siswa, mahasiswa) tidak perlu memncantumkan kop dan nomor surat. Sedangkan untuk kelompok dan lembaga harus menggunakan kop dan nomor surat
2.      Manfaat Surat Pernyataan Pribadi
Surat pernyataan berfungsi sebagai pelengkap dari berkas lamaran sebagaimana disyaratkan tempat orang itu melamar.
Surat pernyataan berisikan penegasan (pernyataan) bahwa semua berkas yang diajukan adalah benar adanya. Pembuat surat pernyataan juga bertanggung jawab sepenuhnya terhadap konsekuensi dari berkas-berkas tersebut apabila suatu hari nanti menimbulkan masalah.
a.       Bagi si penerima, surat pernyataan berfungsi sebagai alat bukti meminta pertanggungjawaban pihak yang menulis jika ia menempati, atau apa yang dinyatakannya ternyata tidak benar.
b.      Bagi si pembuat, surat pernyataan berfungsi sebagai alat bukti penguat untuk diakui pihak lain, bahwa dirinya benar-benar seperti apa yang dinyatakan dalam surat tersebut. Oleh karena itu surat lamaran pekerjaan bagi pegawai negeri, biasanya dilampiri berbagai surat pernyataan.
c.       Bagi pihak yang dinyatakan, surat pernyataan berfungsi sebagai alat pengukuhan atau menguatkan keadaan pihak yang diterangkan/ dinyatakan, baik dalam keadaan positif maupun negatif. Jika surat pernyataan itu dibuat oleh pihak lain.
3.      Cara membuat surat Pernyataan
Bentuk atau susunan surat pernyataan tidaklah rumit. Apakah itu surat pribadi atau lembaga kedua-duanya memiliki unsur (bagian) yang sama dan mudah untuk dibuat. Walaupun surat pernyataan tersebut berbentuk resmi (terdapat kop surat dan matrei) dan dikeluarkan oleh intansi secara bentuk relatif tidak jauh berbeda dengan surat peryataan pribadi. Yang membedakan hanyalah pada kop surat dan pembubuhan materai pada surat pernyataan resmi. Sedangkan yang lainnya sama saja.
Pada beberapa contoh surat pernyataan dibuat dalam bentuk formulir yang kalimatnnya sudah terbakukan. Ini biasa dibuat oleh suatu lembaga atau instansi bagi para calon karyawannya.  Ketika surat pernyataan berbentuk fomulir akan memudahkan pihak yang menerima surat pernyataan dalam mengecek isi surat yang dianggap penting. Isi atau poin-poin yang dianggap penting langsung dicetak.
4.      Bagian-bagian Surat Pernyataan
1)      Nama atau judul surat yaitu “SURAT PERYATAAN”. Nama surat ini umumnya ditulis ditengah-tengah dari surat dan menggunakan huruf kapital.
2)      Isi surat meliputi
a.       Identitas siapa pihak yang menyatakan
b.      Isi daripernyataan, berupa kesungguhan penulis surat dalam menyatakan sesuatu yang ia yakini kesalahannnya.
c.       Identitas siapa pihak yang menyatakan, apabila surat pernyataan ini dibuat pihak lain.
3)      Penutup surat terdiri atas
a.       Nama tempat dan tanggal surat dibuat
b.      Identitas lengkap pembuat surat,yaitu: nama terang(tidak disingkat), tanda tangan (cantumkan materai jika diperlukan), dan keterangan lain, seperti NIP, atau nomor lainnya yang bisa dicantumkan di bawah nama pembuatan surat.
5.      Macam-macam surat Pernyataan
a.      Contoh surat pernyataaan kerja
Surat penyataan kerja 
dibuat oleh karyawan pada instasi/lembaga tertentu. yang isinya kurang lebih adalah menyatakan bahwa seseorang adalah karyawan di sebuah perusahaan atau organisasi.

 
b.      Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Membayar Hutang
Surat pernyataan kesanggupan membayar hutang adalah surat bukti yang
 dibuat oleh badan hukum maupun seseorang untuk meminjam uang kepada pihak tertentu. Dalam surat pernyataan ini akan dicantumkan nama pihak-pihak yang mempunyai kewajiban hutang dan nama pihak-pihak yang mempunyai piutang. Dalam surat ini akan Dimuat juga waktu jatuh tempo pembayaran yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak.
Berikut adalah contoh gambar : 

c.       Contoh Surat Pernyataan Diri
Bagi semua sobat setia yang membutuhkan surat semacam pernyataan
 Diri dan tidak tahu cara membuatnya atau bahkan melihatnya saja belum tahu. Berikut ini adalah contoh bagus dalam pembuatan surat pernyataan diri, Yang perlu anda lakukan adalah mengisi dengan profil anda.
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama :
Tempat dan tanggal lahir :
Agama :
Alamat :
Dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya, bahwa saya :

Tidak pernah 
dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan sesuatu tindak pidana kejahatan;
Tidak pernah 
diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri / Pegawai Negeri;
Bersedia 
ditempatkan di seluruh Wilayah Negara Republik Indonesia atau Negara lain yang ditentukan oleh Pemerintah;
Tidak sedang menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik; Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, dan saya bersedia dituntut 
dimuka pengadilan serta bersedia menerima segala tindakan yang diambil oleh Pemerintah, apabila dikemudian hari terbukti pernyataan saya tidak benar.

Semarang,
....... Mei 2004 
Yang membuat pernyataan
Materai Rp. 6.000,- 
d.      Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah
Terakhir adalah surat pernyataan bagi yang masih jomblo alias belum menikah, bagi sobat yang sedang kebingugan dan sama sekali tidak tahu bagaimana cara membuatnya. Tentang saja
Disini ada contoh bagus dalam pembuatannya. Anda bisa mencontohnya atau sekedar mengedit hal-hal yang perlu saja. Namun perlu Diperhatikan, kalau anda sudah menikah, jangan mencoba-coba untuk membuat surat ini, kalau tidak…. 
Yang bertanda tangan Dibawah ini :
N a m a : Wawan Arwana
Jenis Kelamin : Laki-laki
Tempat/Tgl. Lahir : Lampung, 17 Agustus 1980
Warga Negara : Indonesia
Agama : Islam
Pekerjaan : Wiraswasta
Tempat Tinggal : Jalan Bulan Bercahaya No. 114 Kelurahan Anu
Menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa saya sampai saat ini belum pernah menikah dengan siapapun baik secara Adat, Hukum Agama, maupun Hukum Negara. Dan benar-benar masih perjaka atau bujang.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan apabila surat pernyataan ini tidak benar, maka saya bersedia
 Dituntut sesuai dengan Hukum dan Undang-undang yang berlaku.
Jakarta, 24 November 2010
Yang menyatakan,
( Gilang Syahputra )
B.     Surat Pengunduran Diri
1.      Pengertian surat pengunduran diri
Surat Pengunduran Diri Kerja atau Resign Letter adalah surat pernyataan bahwa seseorang mengundurkan diri dari pekerjaannya dengan suatu alasan tertentu. Alasan pengunduran diri seoarang karyawan bisa beraneka ragam. Mulai dari kejenuhan atau bosan, ketidak cocokan dengan perusahaan maupun atasan dan karyawan lain, mendapat tawaran pekerjaan lain yang lebih menarik dan sebagainya. Atau  Surat pengunduran diri adalah salah satu surat yang di gunakan untuk melepas dari tanggung jawab dalam bentuk tertulis. Surat ini biasa berbentuk formal penulisan dan gaya bahasanya harus baku.
2.      Tata cara melayangkan surat pengunduran diri
Resigh atau pengunduran diri merupakan awal kisah perpisahan seorang karyawan dengan tempat bekerja. Meskipun dengan mengajukan surat pengunduran diri kita memutuskan untuk mengakhiri kerjasama. Berarti bukan berarti kita melakukan semau kita. Kita harus mengikuti aturan yang ditetapkan perusahaan kepada setiap karyawan yang akan mengundurkan diri.
Ya, selain harus dilakukan dan dibicarakan dengan sopan  kepada atasan, pengunduran diri pun memiliki prosedur lain yang harus diikuti. Beberapa prosedur yang ditetapkan adalah pengajuan surat pengunduran diri ini harus dilayangkan sebulan dari tanggal yang ditentukan. Misalnya karyawan akan keluar 30 juni, maka surat pengunduran diri harus sudah dilayangkan sejak 30 mei.
Ini dilakukan agar perusahaan memiliki tenggang waktu yang cukup untuk mempersiapkan tenaga penganti anda. Jika tidak mengikuti prosedur, tidak mustahil jika pihak perusahaan tidak akan memproses surat pengunduran diri yang sudah anda ajukan. Tips menulis surat pengunduran diri kerja yang perlu diperhatikan dalam menulis atau membuat surat pengunduran diri adalah :
a.       Isi surat harus jelas dan tidak bertele tele.
b.      Sebutkan alasan pengunduran diri dengan singkat dan jelas
c.       Terdapat ucapan terimakasih kepada perusahaan, pimpinan dan karyawan lain yang akan anda tinggalkan. Karena bagaimanapun juga anda pernah bekerja bersama diperusahaan yang akan anda tinggalkan.
Sampaikan permohonan maaf anda ke perusahaan, atasan dan karyawan lainnya. Selama anda bekerja tentunya anda pernah melakukan kesalahan baik disengaja maupun tidak.
Surat Pengunduran diri adalah surat untuk memutuskan kerjasama.
Alasan pengunduran diri:       
a.         Tidak sesuai dengan bidang ilmu yang dikuasainya
b.         Gaji tidak sesuai dengan pekerjaan
c.         Peraturan terlalu mengekang
d.         Tidak ada promosi
3.      Etika Pengunduran Diri
a.       Pengajukan surat pengunduran diri jangan mendadak
b.      Sebaiknya surat pengunduran diri diajukan dua sampai empat minggu sebelum tanggal keluar. Rentang waktu tersebut juga bisa untuk membuat perusahaan mencari penganti anda.
c.       Exit interviuw
d.      Perusahaan akan mewawancarai anda tentang alasan pengunduran diri.
e.       Jangan menyebar luarsakan berita pengunduran diri
f.       Negosiasi
g.      Tawarkan dokumen atau  rekomendasikan  pengganti
h.      Siapkan dokumen penting yang berkaitan dengan pekerjaan
i.        Tetap tunjukan peforma kerja yang maksimal
j.        Simpan nomor kontak rekan kerja.
4.      Kerangka surat pengunduran diri
Yth. Direktur HRD PT.....
di
Tempat
Dengan hormat,
Melalui surat ini, selaku karyawan PT....  berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang kekaryawanan Undang-Undang Tenaga Kerja, maka saya yang bertanda tangan dibawah ini.
Nama                   :
Departemen              :
Jabatan                     :
No. Karayawan   :
Mengajukan mengundurkan diri dari PT....  dengan alasan..... (sebutkan alasan yang sesuai dan logis). Surat ini saya buat sesuai prosedur hubungan industrial tanpa motivasi. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak-hak saya sesuai ketentuan berlaku.
Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas kerjasama dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terimakasih.
Hormat saya,
Semarang......2014

Ttd
(nama jelas)

5.      Cara mengajukan surat pengunduran diri
Kita harus menggunakan bahasa yang sopan dan penggunaan kata-kata yang baik pula. Kesopanan, gaya bahasa, dan pilihan kata harus benar-benar diperhatikan karena hal tersebut mencerminkan kepribadian kita.
6.      Format pengunduran diri
a.       Kepala surat ↔ memuat kepada siapa surat itu ditujukan
b.      Pembuka surat ↔ bagian ini berupa  tujuan kita mengirimkan surat
c.       Isi surat ↔ bagian ini berisi ucapan terima kasih dan permohonan maaf terhadap kesalahan yang mungkin dilakukan ketika masih aktif bekerja.
d.      Penutup ↔ bagian ini berupa salam penutup yang dilengkapi nama lengkap dan tanda tangan
Hal- hal yang perlu diperhatikan dalam surat pengunduran diri :
a.       Tulis surat pengunduran diri secara seksama, dalam kondidi tenang dan tidak terburu-buru.
b.      Berisi informasi yang mencakup nama orang, jabatan terakhir, tanggal surat, pemberitahuan tentang kapan hari terakhir bekerja, ucapan terima kasih, dan tanda tangan.
c.       Menggunakan kata-kata positif untuk mengungkapkan pesan dan kesan kepada perusahaan.
d.      Hindari kata-kata bersifat pribadi atau bahkan curahan hati didalam surat pengunduran diri.
7.      Contoh-contoh Surat Pengunduran Diri
Contoh 1



Pemalang, 1 Mei  2014
Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Barokah (ganti dengan nama perusahaan anda)
Alamat Perusahaan
Jakarta
Dengan Hormat,
Dengan surat ini, saya (Nama Anda) bermaksud untuk mengundurkan diri dari (Nama Perusahaan Tempat Bekerja) sebagai (Jabatan Terakhir di perusahaan), terhitung sejak tanggal (tanggal pengunduran diri anda).
Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di (Nama Perusahaan Tempat Bekerja). Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen (Nama Perusahaan Tempat Bekerja) apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.
Saya berharap selalu, (Nama Perusahaan Tempat Bekerja) dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.
Hormat Saya,
Nama Lengkap







Contoh 2 Pati, 5 Oktober  2014
Kepada Yth, HRD Manager
PT. Alim Rugi
Jl. Imam Bonjol
Di,-
Tempat

Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya Ujang bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Alim Rugi sebagai karyawan, terhitung sejak tanggal 4 Oktober 2012.
Saya menyampaikan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Alim Rugi. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen, apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.
Saya berharap selalu, PT. Alim Rugi dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.
Hormat Saya,
Faris (Nama silahkan ganti sendiri ya)


















Contoh 3
Demak, 1 November 2013
Kepada, yth, Kepala. HRD PT AAADi Tempat
Dengan Hormat,         
Melalui surat ini saya selaku karyawan PT AAA berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama ( SKB) tentang kekaryawanan dan Undang – Undang tenaga kerja maka saya yang bertanda tangan dibawah ini.
Nama               : …..……
Departemen     : ..........
Jabatan            : …….. ..
No Karyawan  : .........
Bermaksud Mengajukan pengunduran diri dari PT AAA dengan alasan (sebutkan alasan anda mengundurkan diri dari perusahaan, tidak perlu etail). Surat ini saya buat sesuai prosedur hubungan industrial dan tanpa motivasi negatif. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak-hak sesuai ketentuan yang berlaku.
Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,
Demak, 27 November 2013


(……………………)









BAB III
PENUTUP


A.    Kesimpulan


B.     Saran
1.      Diharapkan pembaca dapat menulis surat pernyataan dan pengunduran diri dengan baik sesuai pedoman penulisan surat dalam makalah ini.
2.      Diharapkan pembaca akan mahir membuat surat pernyataan dan pengunduran diri.

























0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 ZAHRATUL WAHDATI
| Distributed By Gooyaabi Templates